Sebelum memulai usaha, anda perlu memikirkan cara membuka usaha kecil dengan sangat hati-hati. Pertama, anda perlu menentukan pada bidang apa anda ingin membuka usaha. Kami sarankan pilihlah sesuai dengan bakat dan minat anda agar anda tidak cepat merasa bosan. Namun selain itu perlu dipikirkan juga peluang yang ada.

Pikirkan ide-ide kreatif yang mampu membedakan usaha anda dengan usaha serupa yang sudah ada. Dengan memikirkannya sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar konsultan usaha. Ini salah satu cara menekan modal awal. Selain itu anda juga harus mau mengerahkan segala kemampuan anda untuk mengurusi usaha kecil yang baru anda bangun ini. Dengan cara tersebut anda tidak perlu membayar karyawan dan modal awal untuk usaha anda dapat ditekan.

Sementara untuk mendapat tambahan modal, anda dapat melakukan kerjasama dengan teman atau keluarga anda agar modal yang terkumpul lebih banyak. Dengan cara ini pula diharapkan agar ketika usaha bangkrut, anda punya teman senasib dan beban anda dapat dibagi dengan partner anda tersebut. Sebagai pengusaha pemula, anda perlu menghargai waktu yang ada. Maksimalkan usaha setiap saat tanpa menunggu adanya kesempatan. Ketika anda berusaha dengan keras, maka kesempatan untuk sukses akan menghampiri anda dengan sendirinya.

Anda juga harus punya satu ciri khas dari produk usaha anda yang mampu bersaing di pasaran. Memang masyarakat ingin mencari barang dengan harga murah, tapi tidak jarang juga mereka yang mencari produk karena kelebihan yang dimiliki dibanding produk serupa lainnya. harga terkadang menjadi prioritas kedua bagi konsumen, asalkan produk yang didapat sesuai harapan. Jadi jangan takut menjual produk anda dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya asalkan ada nilai lebih yang menjadi pertimbangan bagi konsumen. Tapi anda juga harus merealistiskan harga tersebut, jangan sampai terlampau tinggi.

Cara membuka usaha kecil dengan modal pas-pasan memang perlu perhitungan teliti mengenai estimasi biaya apa saja yang akan dikeluarkan. Sebisa mungkin tekanlah pengeluaran mulai dari biaya sewa tempat, biaya listrik, air, dan biaya-biaya lain yang perlu anda keluarkan. Beli keperluan yang benar-benar dibutuhkan saja. Jika perlu gunakan peralatan atau perlengkapan pribadi untuk mengurangi pengeluaran uang. Sementara untuk memasarkan produk dari usaha anda, manfaatkan media pemasaran yang gratis. Gunakan media-media sosial yang dapat diakses dengan biaya murah, seperti facebook, twitter, dan media lainnya.

Itulah tadi beberapa langkah yang harus anda perhatikan dalam membuka usaha kecil anda. Usahakan anda dapat terjun langsung dalam usaha anda agar ketika muncul masalah segera dapat teratasi.

Leave a comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *